Selasa, 27 Mei 2014

Pentingnya Bersedekah

Pentingnya Bersedekah

Sedekah

Sedekah dalam Islam menempati posisi yang cukup vital. Dr. Yusuf Qardhawi memasukkannya sebagai bagian dari Fiqh Zakat. Tidak hanya karena amalan ini teramat luhur kandungan nilainya, tapi juga karena berdampak pada perbaikan yang tidak hanya diketam oleh si penerima tapi juga si pemberi. Lihatlah, perintah beriman dalam Al-Quran, dimana sedekah hampir selalu disandingkan dengan perintah beramal saleh. Artinya, amal aleh sedekah ini teramat penting dalam Islam.


Mari keta lihat apa yang bisa diraih umat jika gemar bersedekah. “Perbandingan (balasan atau pahala) bagi orang yang membelanjakan hartanya di jalan Allah seperti satu biji yang menumbuhkan tujuh cabang, disetiap cabang menjuntai seratus buah, dan Allah akan menggandakan (pahala) kepad siapa yang Dia kehendaki, dan Allah itu luas (pemberian-Nya) lagi sangat mengetahui,” (QS Al-Baqarah [2]: 261)

Abu Hurairah r.a. meriwayatkan Rasulullah Saw. bersabda, “Allah Swt. berfirman kepadaku, ‘Berinfaklah kamu agar Aku berinfak kepadamu.’ Selanjutnya Rasulullah Saw. bersabda, ‘Pemberian Allah selalu cukup dan tidak pernah berkurang walaupun mengalir siang dan mala. Pernahkah terpikir olehmu, sudah berapa banyak yang dinafkahkan Allah sejak terciptanya langit dan bumi? Sungguh, apa yang ada di tangan Allah takkan berkurang karenanya. Arasynya diatas air, sedangkan di tangan-Nya maut selalu naik turun, ‘” (HR Muslim).

Sedekah juga menghindarkan diri dari berbagai kejahatan sebagaimana sabda Rasulullah Saw., “Sedekah dapat memelihara manusia dari kejahatan.” Dalam hadis lainRasulullah Saw. mengomentari sahabt yang bersedekah untuk pencuri, pelacur, dan orang kaya. “Semoga sedekahmu pada pencuri itu bisa menghentikannya dari kebiasaan mencuri. Semoga sedekahmu kepada pelacur bisa menghindarkannya dari zina. Semoga sedekahmu kepada orang kaya bissa membuatnya mengambil pelajaran sehingga mau menafkahkan harta Allah.”

Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah Saw. bersabda, “Harta takkan berkurang karena sedekah. Allah akan menambah kemuliaan orang yang memanfaatkan orang yang menzaliminya. Dan Allah akan menaikkan derajat orang yang tawaduk.”

“Orang yang bersedekah pada siang atau malam hari, takkan mati pada hari itu karena digigit binatang berbisa, kejatuhan bangunan, atau mati mendadak. Sebab, sedekah itu menolak mara bahaya.”

Seorang sufi bernama Abu Laits As-Samarqandi menguraikan bahwa sedekah memiliki 10 keutamaan, 5 di dunia dan 5 di akhirat. Yang termasuk 5 keutamaan di dunia yaitu
  1. Membersihkan harta.
  2. Membersihkan diri dari dosa.
  3. Menolak penyakit dan mara bahaya.
  4. Menyenangkan hati.
  5. Memperluas rezeki yang penuh berkah.
Sedangkan 5 keutamaan di akhirat yaitu
  1. Menaungi di hari kiamat.
  2. Meringankan hisab.
  3. Memberatkan timbangan amal kebaikan.
  4. Mempermudah ketika kita menyeberangi shirath.
  5.  Menambah derajad di surga.
Berkah sedekah dapat sirna ? Dan kepada siapa sedekah itu di utamakan ? baca selengkapnya>>



Referensi : M.Abd.Syukur, M.Muslih Aziz, M.Syamsul Yakin (2007), 7 Sunnah Harian Nabi Saw. Menjadikan Hidup Lebih Bermakna dengan Amalan Sederhana, PT Mizan Publika, Jakarta Selatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label