Rabu, 07 Mei 2014

Makna Tujuan dan Manfaat Takbiratul Ihram dalam Gerakan Shalat

Makna Tujuan dan Manfaat Takbiratul Ihram dalam Gerakan Shalat

2. Takbiratul Ihram.

Takbiratul ihram ketika sholat merupakan isyarat akan lebih pentingnya seseorang menghadap Allah AWT dari pada sibuk dengan urusan duniawi. Karenanya seorang hamba akan lebih memilih bertemu dengan Allah SWT, bermunajat kepada-Nya, dan tidak hanya menyibukkan dirinya dengan urusan dunia. Sebagaimana  yang dijelaskan dalam firman Allah SWT :“ Sedangkan menyebut  kepada Allah (shalat) itu lebih besar pahalanya.”(QS .al-Ankabut:45)

Maka kesesuaian antara hati dan lisan seseorang, merupakan penyaksian terhadap Dzat yang Maha Besar yang harus dilakukan. Sebagaimana pernah ditegaskan oleh Syaikh al-Makky dalam kitabnya Quutu al-Quluubi fii Muamalati al-Mahbubi tentang arti dari ayat diatas, beliau berkata :

“Kesesuaian antara ucapan lisan dengan hati itu wajib menurut ahli makrifat, karena iman sesungguhnya merupakan ucapan dan amal sekaligus dalam setiap hal. Apabila kamu mengucapkan Allahu Akbar, maka praktek dari ucapan tersebut adalah bahwa Allh itu Maha Besar di hatimu dari segala sesuatu.”

Kalimat Allahu Akbar itu merupakan pengakuan orang yang sholat (mushalli) akan kebesaran Allah SWT, sehingga ia memiliki sifat tawadhu. Dalam sebuah hadis yang bersumber dari Ibnu Abbas ra, ia berkata “ Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya Aku menerima shalat dari orang yang tawadhu’ kepada keagungan-Ku, ia tidak sombong terhadap makhluk-Ku, tidak berbuat maksiat kepada-Ku, menjadikan waktu siang untuk zikir kepada-Ku, belah kasih terhadap orang miskin, musafir dan para janda, dan  belah kasih terhadap orang yang ditimpa musibah. Cahayanya seperti cahaya matahari, Aku akan menjaganya dengan kemulyaan-Ku, dan Aku menyuruh malaikat-Ku untuk menjaganya, Aku jadikan kegelapan menjadi cahaya baginya, dan kebodohannya Aku jadikan bijaksana. Perumpaannya di tengah-tengah makhluk-Ku adalah seperti Firdaus dalam surga.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label