Rabu, 07 Mei 2014

Makna Tujuan dan Manfaat Ruku' dalam shalat

Makna Tujuan dan Manfaat Ruku' dalam shalat

Image by <a href="https://pixabay.com/users/mohamed_hassan-5229782/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=5666760">mohamed Hassan</a> from <a href="https://pixabay.com/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=5666760">Pixabay</a>

4. Ruku’ dan Berdiri dari Ruku’


Ruku’ merupakan salah satu gambaran perintah Allah SWT. Hal ini sebagaimana ditegaskan dalam firman Allah SWT :

“Wahai orang yang beriman ruku’lah dan sujudlah.”(QS.al Hajj:77)
Ruku’ merupakan ibadah yang menggambarkan sifat tawadhu dan tunduknya seorang hamba kepada Allah SWT. Khudhu’(tunduk) yang sempurna ketika ruku’ adalah hati yang tunduk kepada Allah SWT dan meras rendah di hadapan-Nya baik batin maupun zahirnya. 


Diantara anggota badan yang paling besar pengaruhnya supaya khusu’ adalah hati. Karena hati menguasai anggota-anggota tubuh lainnya. Ketika hati menjadi khusyu’ maka anggota lainnya akan menjadi khusyu’ pula.


Seorang mushalli akan bertambah rasa tawadhu’ kepada Allah jika ia menemukan hakikat dari kalimat yang ia baca. Carilah arti setiap bacaan yang kita baca dalam sholat, pahami dan resapi dan Anda akan mengetahui arti dalam kita melakukan sholat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label