Rabu, 07 Mei 2014

Makna Berdiri dan Meletakkan Tangan Kanan di Atas Tangan Kiri dalam shalat

Makna Berdiri dan Meletakkan Tangan Kanan di Atas Tangan Kiri dalam shalat

3. Berdiri dan Meletakkan Tangan Kanan di Atas Tangan Kiri


Berdiri seorang mukmin dihadapan Allah SWT dengan meletakkan tangan kanannya diatas tangan kiri itu menunjukkan sifat tawadhu’, khusu’, rendah hati, dan tidak sombong di hadapan Dzat Yang Mulya dan Maha Kuasa. Ia juga menunjukkan bahwa mushalli mengagungkan Allah, takut kepada-Nya dan mengakui akan banyaknya kekurangan serta dosa-dosa yang yang diperbuatnya.

Hendaklah mushalli menjadikan posisi kepalanya lurus dan tegak. Boleh baginya untuk menundukkan kepalanya. Yang demikian ini, akan lebih mendekatkan seorang pada khusyu’ dan terpusatkan  pandangan. Selain itu, hendaknya ia jadikan penglihatannya hanya terbatas ketempat dimana ia sholat (susud).

Diriwayatkan dari imam Ahmad, ketika beliau ditanya makna dari berdir dan meletakkan tangan kanan diatas tangan kiri . beliau menjawab :”Demikian itu menunjukkan bahwa seseorang itu merendahkan hati dihadapan Tuhannya dan mengingatkan mushalli akan berhentinya kelak di hari kiamat dihadapan Allah pada hari dihisabnya manusia dan dibalasnya seluruh amal perbuatan mereka.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label