Selasa, 27 Mei 2014

Manfaat dan Kekuatan Dari Zikir

Manfaat dan Kekuatan Dari Zikir

Manfaat dan Kekuatan Dari Zikir

Zikir adalah banyak “menyebut “ sekaligus “mengingat” Allah. Karena itu, Imam ‘Atha’, seorang faqih dan ahli hadis berkata, “Orang yang melaksanakan shalat lima waktu secara benar sudah termasuk ke dalam firman Allah yang memuji, ‘Laki-laki maupun perempuan yang banyak berzikir,’”  beliau juga menyatakan bahwa majelis-majelis yang memicarakan halal-haram seperti bagaimana sehausnya melakukan jual-beli, shalat, puasa, nikah-cerai, haji, dan sebagainya adalah majelis-majelis zikir.

Karena itu, ingatlah kalian pada-Ku, niscaya Aku pun ingat pada kalian. Serta bersyukurlah kepada-Ku dan jangan mengingkari nikmat-Ku,”  (QS Al-Baqarah [2]: 152).


Said bin Jabir r.a. dan ulama lainnya malah menyatakan bahwa keutamaan zikir tidak terbatas pada membaca tasbih (mensucikan Allah), tahlil (mengesakan Allah), tahmid (memuji Allah), takbir (mengagungkan Allah), dan sebagainya. Tapi siapapun yang melakukan amal karena Allah dengan keaatan kepad-Nya, diala orang yang berzikir.

“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikanmu dari mengingat Allah. Siapa yang berbuat demikian maka mereka itulah orang-orang yang rugi,”  (QS Al-Munafiqun [63] : 9).

Rasulullah Saw. bersabda, “Perumpamaan orang yang berzikir kepada Tuhannya dan orang yang tidak berzikir seperti orang yang hidup dan orang yang mati,” (HR Bukhari).

Kelalaian memang bisa di alami siapa saja. Apalagi hari-harinya di isi dengan berbagai aktivitas yang tidak bersentuhan dengan urusan ibadah. Belum lagi masalah yang silih berganti datang dan pergi, mulai dari urusan dengan pasangan, urusan rumah tangga, lingkungan kerja, lingkungan tempat tinggal dan sebagainya. Solusi yang tepat untuk masalah ini yang pertama yaitu dengan berzikir. Sehingga hati, pikiran yang tadinya “panas” bisa mereda dan lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Dengan begitu jika kita mengambil keputusan atau tindakan semoga selalu sesuai dengan apa yang di ajarkan.

Beberapa manfaat yang bisa dipetik dari buah keistikamahan berzikir yaitu
  1. Menjauhkan diri dari setan dan menghancurkan kekuatannya. 
  2. Menjauhkan kegelisahan dan kesedihan hati. 
  3. Mendekatkan seseorang kepada Allah Swt. 
  4. Zikir dapat mengumpulkan kembali yang telah bercerai, menceraikan yang telah terkumpul, mendekatkan yang jauh, dan menjauhkan yang dekat. 
  5. Allah menurunkan rahmat-Nya kepada orang-oran yang berzikir dan para malaikat berdoa untuk mereka. 
  6. Membersihkan hati dari segala jenis kotoran dan penyakit.
  7. Dsb.



Referensi : M.Abd.Syukur, M.Muslih Aziz, M.Syamsul Yakin (2007), 7 Sunnah Harian Nabi Saw. Menjadikan Hidup Lebih Bermakna dengan Amalan Sederhana, PT Mizan Publika, Jakarta Selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label