Senin, 15 Februari 2016

Bahaya Dampak Buruk Radiasi Dari Komputer Atau Laptop dan Handphone Terhadap Kesuburan

Bahaya Dampak Buruk Radiasi Dari Komputer Atau Laptop dan Handphone Terhadap Kesuburan



Bahaya Dampak Buruk Radiasi Dari Komputer Atau Laptop dan Handphone Terhadap Kesuburan. Setiap orang pasti memiliki barang elektronik yang tidak pernah lepas dari pandangannya, termasuk handphone, laptop ataupun PC. Dan bagi anda yang belum tahu, bahwa semua barang elektronik tersebut menghasilkan radiasi akan tetapi tingkat dan kadarnya berbeda. Termasuk laptop yang mampu mengeluarkan sinar radiasi elektromagnetik. Laptop yang telah dilengkapi dengan Wi-fi (wireless fidelity) sehingga menyambungkan anda dengan jaringan internet tidak saja memberikan banyak manfaat, akan tetapi juga menimbulkan resiko bagi kesehatan anda.
Banyak orang berfikir bahwa panas dari laptop dapat mempengaruhi kesuburan, baik bagi wanita dan pria. Gangguan kesuburan dari laptop dapat terjadi ketika anda meletakan laptop di paha anda. Sebaiknya anda hindari menggunakan laptop di atas paha selain mengakibatkan panas pada kulit bahkan memicu penyakit kulit yang disebabkan oleh radiasi. Ketika panas yang dihasilkan dari laptop dan memancarkan radiasi pada paha anda diduga akan mempengaruhi kesuburan. Kesuburan yang dimaksud adalah kesuburan pria dimana adanya efek radiasi yang dihasilkan dari laptop yaitu radiasi thermal, yang menimbulkan rasa panas pada kulit sehingga memicu pengaruh yang buruk apabila didekatkan dengan alat kelamin pria dan akan mengakibatkan infertilitas (ketidaksuburan).
Meskipun untuk wanita ternyata tidak berpengaruh besar karena ovarium terletak di dalam tubuh sehingga tidak rentan terhadap sumber eksternal panas. Selain itu radiasi thermal yang dihasilkan dari laptop memiliki pengaruh bagi kesehatan anda. Anda lebih cepat cemas dan depresi, sering merasa mual, pusing, sakit kepala, gangguan pada mata bahkan dalam keadaan yang parah dapat mengakibatkan sesak nafas dan memori yang menyimpang.Bahkan dalam penelitian, ditemukannya kerusakan kromoson yang diakibatkan dari radiasi laptop akan memicu beberapa tipe kanker di dalam tubuh.

Pengaruh Negative Akibat Radiasi Komputer atau Laptop dan Handphone :
A. Pengaruh dalam jangka pendek
  • Mata menjadi berair
  • Mata menjadi lelah
  • Akibat kerja mata yang berlebihan di depan komputer juga berpotensi mempengaruhi produktivitas hormon melatonin dalam tubuh.
  • Produksi hormon melatonin berkurang oleh adanya rangsangan dari luar, misalnya cahaya serta medan elektromagnet. Cahaya maupun pajanan medan elektromagnet dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama dapat menurunkan produksi hormon melatonin dan berpotensi menimbulkan berbagai keluhan, termasuk sakit kepala, pusing, dan keletihan, serta insomnia.
  • Asthenopia, yaitu pupil mata menjadi lambat bereaksi terhadap cahaya, karena terlalu lama terkena cahaya yang berlebihan (menurut laporan WHO dapat mencapai 75% – 90%).
 B. Pengaruh dalam jangka panjang
  • Katarak adalah gangguan penglihatan yang disebabkan adanya kekeruhan pada lensa mata. Katarak biasanya berkaitan dengan proses menua dan radiasi sinar ultraviolet.
  • Dermatitis pada muka merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terbukti diakibatkan oleh radiasi VDU secara langsung. Tjon dan Rycroft melakukan penelitian pengaruh radiasi VDU pada kulit muka. Hasil penelitian mereka mengatakan bahwa salah satu akibat dari radiasi adalah kemerahan pada kulit muka.
  • Medan elektromagnet menyebabkan  partikel-partikel yang melayang di udara menempel pada kulit, sehingga menimbulkan iritasi pada kulit. Karena yang berhadapan langsung pada layar monitor adalah bagian muka, m.ata. Muka lebih sering mengalami iritasi. Timbunan elektrostatik ini dapat  menyebabkan pipi merah sehabis memakai monitor.
  • Epilepsi dan cacat bawaan pada bayi,  sampai saat ini belum ada bukti bahwa VDU dapat menimbulkannya.
  • Gangguan seksual yang dimaksud adalah mengurangi tingkat kesuburan baik bagi pria maupun wanita.
Bahaya Dampak Buruk Radiasi Dari Komputer Atau Laptop dan Handphone Terhadap Kesuburan. Untuk mengetahhui cara mengatasi radiasi dari Kompuetr atau Laptop dan Handphone silahkan baca Cara Mengatasi Radiasi dari Komputer Laptop atau Handphone

1 komentar:

Label